8 Cara Otak Menjadi Cerdas
Otak manusia pada dasarnya merupakan komputer biologis. Ia membutuhkan makanan, oksigen, dan ia juga butuh latihan. Anda dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kekuatan otak dengan melatihnya, memodifikasi, atau bahkan memanipulasinya. Anda mungkin tidak akan menjadi seperti Einstein, namun hal ini juga bukan alasan untuk tidak membuatnya menjadi lebih baik. Hal-hal di bawah ini akan membuat otak Anda bekerja lebih baik.
1. Ambillah dosis EPA secukupnya
EPA adalah bahan kimia dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak, setiap orang pasti sudah mengetahuinya, jadi mengapa tidak memberikannya kapsul minyak ikan setiap hari untuk meningkatkan kekuatannya. Riset menunjukan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi.
2. Kerjakan sebuah teka teki
Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak Anda tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika Anda tidak berlatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.
3. Pergi berjalan kaki
Tidak ada yang dapat mengalahkan udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Sebuah perjalanan di pinggiran kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan membantu Anda menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiran Anda tetap jernih.
4. Mempelajari bahasa baru
Mempelajari bahasa baru dapat sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik.
5. Tertawa
Tawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan Anda tertawa setiap harinya.
6. Menjadi kreatifif
Melukislah atau pelajari alat musik yang baru, bergabunglah dengan kelas kesenian walaupun Anda yakin Anda payah dalam hal tersebut. Menjadi kreatif memungkinkan Anda untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.
7. Belajar melempar barang
Riset dari Universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.
8. Berhubungan dengan sifat keanak-anakan Anda
Einstein pernah berkata bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2).
Kamis, 04 Februari 2010
Selasa, 02 Februari 2010
PENGERTIAN INTERNET
Internet adalah kependekan dari inter-network. Secara harfiah mengandung pengertian sebagai jaringan komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian (www.wikipedia.com). Jaringan internet juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dikomunikasikan antar belahan dunia secara instan dan global (www.jurnal-kopertis4.org). Selain kedua pengertian di atas, internet juga disebut sebagai sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (e-mail, chat), diskusi (usenet news, milis, bulletin board), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), serta berbagai layanan lainnya (www.andhika.com).
Sejalan dengan perkembangan internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran adalah e-Learning. E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. E-Learning merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
b. Internet dalam Kegiatan Belajar
Fred S Keller, teknolog pendidikan era tahun 1960-an mengkritik penerapan metode-metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik perharian peserta didik. Menurut dia, peserta didik harus diberi akses yang lebih luas dalam menentukan apa yang ingin mereka pelajari sesuai minat, kebutuhan, dan kemampuannya. Dikatakannya pula bahwa guru bukanlah satu-satunya pemegang otoritas pengetahuan di kelas. Siswa harus diberi kemandirian untuk belajar dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar (www.kompas.com).
Kekayaan informasi yang sekarang tersedia di internet telah lebih mencapai harapan dan bahkan imajinasi para penemu sistemnya. Melalui internet dapat diakses sumber-sumber informasi tanpa batas dan aktual dengan sangat cepat. Adanya internet memungkinkan seseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di Amerika Serikat dalam bentuk Digital Library. Sudah banyak pengalaman tentang kemanfaatan internet dalam penelitian dan penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat juga dilakukan melalui internet. Tanpa teknologi internet banyak tugas akhir dan thesis atau bahkan desertasi yang mungkin membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikannya (www.jurnal-kopertis4.org).
Para akademisi merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan kemunculan internet. Berbagai referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Para mahasiswa tidak lagi harus mengaduk-aduk buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahnya. Cukup memanfaatkan search engine, materi-materi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat. Selain menghemat tenaga dan biaya dalam mencarinya, materi-materi yang dapat ditemui di internet cenderung lebih up to date.
Bagi para pengajar, internet bermanfaat dalam mengembangkan profesinya, karena dengan internet dapat : (a) meningkatkan pengetahuan, (b) berbagi sumber diantara rekan sejawat, (c) bekerjasama dengan pengajar di luar negeri, (d) kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung, (e) mengatur komunikasi secara teratur, dan (f) berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional. Di samping itu para pengajar juga dapat memanfaatkan internet sebagai sumber bahan mengajar dengan mengakses rencana pembelajaran atau silabus online dengan metodologi baru, mengakses materi belajar yang cocok untuk siswanya, serta dapat menyampaikan ide-idenya.
Sementara itu siswa juga dapat menggunakan internet untuk belajar sendiri secara cepat, sehingga akan meningkatkan dan memeperluas pengetahuan, belajar berinteraksi, dan mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian (www.pendidikan.net).
Dalam www.jurnal-kopertis4.org disebutkan beberapa manfaat internet bagi pendidikan di Indonesia, yaitu : akses ke perpustakaan, akses ke pakar, belajar online, layanan informasi akademik, menyediakan fasilitas mesin pencari data, menyediakan fasilitas diskusi, dan fasilitas kerjasama.
Sejalan dengan perkembangan internet, telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet, seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran adalah e-Learning. E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. E-Learning merupakan usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
b. Internet dalam Kegiatan Belajar
Fred S Keller, teknolog pendidikan era tahun 1960-an mengkritik penerapan metode-metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik perharian peserta didik. Menurut dia, peserta didik harus diberi akses yang lebih luas dalam menentukan apa yang ingin mereka pelajari sesuai minat, kebutuhan, dan kemampuannya. Dikatakannya pula bahwa guru bukanlah satu-satunya pemegang otoritas pengetahuan di kelas. Siswa harus diberi kemandirian untuk belajar dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar (www.kompas.com).
Kekayaan informasi yang sekarang tersedia di internet telah lebih mencapai harapan dan bahkan imajinasi para penemu sistemnya. Melalui internet dapat diakses sumber-sumber informasi tanpa batas dan aktual dengan sangat cepat. Adanya internet memungkinkan seseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di Amerika Serikat dalam bentuk Digital Library. Sudah banyak pengalaman tentang kemanfaatan internet dalam penelitian dan penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat juga dilakukan melalui internet. Tanpa teknologi internet banyak tugas akhir dan thesis atau bahkan desertasi yang mungkin membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikannya (www.jurnal-kopertis4.org).
Para akademisi merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan kemunculan internet. Berbagai referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang berlimpah. Para mahasiswa tidak lagi harus mengaduk-aduk buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahnya. Cukup memanfaatkan search engine, materi-materi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat. Selain menghemat tenaga dan biaya dalam mencarinya, materi-materi yang dapat ditemui di internet cenderung lebih up to date.
Bagi para pengajar, internet bermanfaat dalam mengembangkan profesinya, karena dengan internet dapat : (a) meningkatkan pengetahuan, (b) berbagi sumber diantara rekan sejawat, (c) bekerjasama dengan pengajar di luar negeri, (d) kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung, (e) mengatur komunikasi secara teratur, dan (f) berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional. Di samping itu para pengajar juga dapat memanfaatkan internet sebagai sumber bahan mengajar dengan mengakses rencana pembelajaran atau silabus online dengan metodologi baru, mengakses materi belajar yang cocok untuk siswanya, serta dapat menyampaikan ide-idenya.
Sementara itu siswa juga dapat menggunakan internet untuk belajar sendiri secara cepat, sehingga akan meningkatkan dan memeperluas pengetahuan, belajar berinteraksi, dan mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian (www.pendidikan.net).
Dalam www.jurnal-kopertis4.org disebutkan beberapa manfaat internet bagi pendidikan di Indonesia, yaitu : akses ke perpustakaan, akses ke pakar, belajar online, layanan informasi akademik, menyediakan fasilitas mesin pencari data, menyediakan fasilitas diskusi, dan fasilitas kerjasama.
Senin, 01 Februari 2010
SOAL PENGGANTI SISWA YG TIDAK MASUK MINGGU KE-1 PEB. 2010
1. Di antara unsur-unsur 12 P, 16 Q, 19 R, 34 S dan 53 T yang terletak pada golongan yang sama dalam sistem periodik unsur adalah ........
A. P dan Q
B. P dan R
C. S dan T
D. Q dan S
E. R dan T
2. Unsur B, N, F dan H masing-masing mempunyai elektron valensi 3, 5, 7 dan 1. Antara unsur-unsur ini dapat terbentuk senyawa BF3NH3. Ikatan apakah yang terdapat dalam senyawa tersebut ........
A. heteropolar dan homopolar
B. heteropolar dan kovalen koordinasi
C. homopolar dan kovalen koordinasi.
D. Heteropolar
E. kovalen koordinasi
3. Nomor atom unsur X sama dengan 27. Jumlah elektron tidak berpasangan dalam ion X2+ adalah ........
A. 1
B. 2
C. 3
D. 5
E. 7
4. Pada reaksi :
a K2MnO4 + b HCl MnO2 + c KMnO4 + d KCl + e H2O
Besarnya harga a, b, c, d dan e berturut-turut adalah ........
A. 3 - 4 - 2 - 4 – 2
B. 2 - 4 - 2 - 3 – 2
C. 3 - 2 - 4 - 2 – 4
D. 1 - 4 - 2 - 3 – 2
E. 3 - 2 - 2 - 4 - 2
5. Pada suhu dan tekanan tetap, 160 ml campuran gas metana dan propana dibakar sempurna dengan 500 ml gas oksigen, maka persen volume gas propana di dalam campuran semula adalah ........
A. 37,5%
B. 43,7%
C. 56,5%
D. 62,5%
E. 75%
6. Ke dalam 500 ml larutan asam nitrat 0,2 M ditambahkan larutan Na2CO3 melalui reaksi (belum setara) :
HNO3(aq) + Na2CO3(aq) NaNO3(aq) + H2O(l)+ CO2(g)
Pada suhu dan tekanan sama, 0,5 liter gas NO memiliki massa 7,5 gram (Mr = 30), maka volume gas CO2 yang dihasilkan sebanyak ........
A. 250 ml
B. 200 ml
C. 175 ml
D. 150 ml
E. 100 ml
7. Perhatikan gambar berikut ini !
Reaksi yang menghasilkan endapan terdapat pada tabung reaksi ........
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 4
D. 2 dan 3
E. 4 dan 5
8. Suatu paduan logam (aliasi) yang terdiri dari 90% Al (Ar = 27) dan 10% Cu (Ar = 63,5) digunakan untuk menghasilkan gas H2 dengan cara mereaksikannya dengan asam klorida. Untuk menghasilkan 6,72 liter gas H2 (STP), maka dibutuhkan paduan logam sebanyak ........
A. 21,6 gram
B. 12 gram
C. 6,7 gram
D. 6 gram
E. 5,4 gram
9. Konsentrasi ion H+ yang terdapat dalam campuran 50 ml larutan H2SO4 0,2 M dengan 50 ml larutan CH3COOH 0,4M (Ka CH3COOH = 10-5) adalah ........
A. 0,1 M
B. 0,2 M
C. 0,3 M
D. 0,4 M
E. 0,5 M
10. Ke dalam 90 ml larutan NH4OH 0,1 M (Kb NH4OH = 10-5) dicampurkan dengan 15 ml larutan H2SO4H 0,1M. Maka pH larutan yang terjadi adalah ........
A. 5 - log 2
B. 5 - log 4
C. 8 + log 5
D. 9 + log 2
E. 9 + log 4
11. Diketahui garam-garam :
1. (NH4)2SO4 4. FeCl3
2. (CH3COO)2Ca 5. Na2CO3
3. Ba (NO3)2
Pasangan garam yang larutannya dalam air dapat mengubah lakmus biru menjadi merah adalah ........
A. 2 dan 5
B. 1 dan 4
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 2 dan 3
12. Sebanyak 3,16 gram (CH3COO)2Ca, Mr = 158 dilarutkan dalam air hingga volumenya
5 liter. Jika KaCH3COOH = 2 x 10-5, pH larutannya adalah ........
A. 5 - log 2
B. 6 - log 2
C. 8 + log 2
D. 9 + log 2
E. 8 + log 2
13. Dalam 200 ml larutan terdapat 2 x 10-5 mol Mg(OH)2 jenuh, maka kelarutan Mg (OH)2 dalam larutan pH = 12 + log 2 adalah ........
A. 1,0 x 10-2 M
B. 0,5 x 10-3 M
C. 1,0 x 10-8 M
D. 2,0 x 10-8 M
E. 4,0 x 10-8 M
14. Dari lima macam larutan berikut yang mempunyai titik beku terendah adalah ........
A. CO(NH2)2 0,05 M
B. NaCl 0,03 M
C. BaCl2 0,03 M
D. AlCl3 0,02 M
E. Fe2(SO4)3 0,02 M
15. Sebanyak 13,68 gram sukrosa (Mr = 342) dilarutkan dalam air sampai volume larutan 100 ml pada suhu 27° C, jika diketahui R = 0,082 L atm mol-1K-1, tekanan osmotik larutan tersebut adalah ........
A. 9,84 atm
B. 6,15 atm
C. 4,92 atm
D. 0,98 atm
E. 0,092 atm
16. Fase terdispersi dan medium pendispersi pada kabut adalah ........
A. cair dalam gas
B. gas dalam cair
C. padat dalam padat
D. cair dalam padat
E. padat dalam gas
17. Nama yang tepat untuk senyawa berikut adalah ........
A. 2,5 dimetil - 5 etil - 2 pentena
B. 2 - metil - 5 etil - 2 heksena
C. 2 etil - 5 metil - 2heksena
D. 3,6 dimetil - 5 heptena
E. 2,5 dimetil - 2 heptena
18. Untuk meningkatkan bilangan oktan pada bensin dapat ditambahkan cat aditif yang lebih aman dari TEL yaitu MTBE rumus kimia MTBE adalah ........
A. (CH3)2CH2COCH3
B. (CH3)3COCH3
C. (C2H5)4Pb
D. (C2H5)2Pb
E. (CH3)3CO2CH
19. Senyawa yang dapat bereaksi dengan pereaksi Fehling atau Tollens memiliki gugus fungsi........
A. - O –
B. - CO –
C. – COOH
D. – CHO
E. - COO –
20. Pasangan senyawa karbon di bawah ini yang merupakan isomer gugus fungsi adalah ........
A. propanol dan propanal
B. metil etanoat dan propanol
C. etil-metil-eter dan metil etanoat
D. etil-metil-keton dan propanon
E. propanol dan metoksietana
21. Turunan benzena berikut yang disebut paranitrofenol adalah ........
A.
B.
C.
D.
E.
22. Sebanyak X molekul alanin (Mr = 89) berpolimerisasi kondensasi membentuk senyawa polipeptida. Jika Mr polipeptida 870. Mr H2O = 18, maka nilai X adalah ........
A. 10
B. 12
C. 14
D. 15
E. 20
23. Perhatikan 5 macam kelompok mengenai polimer berikut :
Berdasarkan data di atas, mana polimer yang sesuai dengan tabel no. 1 dan 4 adalah
A. Bakelit dan Nilon
B. Karet dan Protein
C. Nilon dan Teflon
D. Protein dan Nilon
E. Polistirena dan Teflon
24. Dari beberapa karbohidrat berikut :
1. Fruktosa 4. Glukosa
2. Maltosa 5. Galaktosa
3. Laktosa
Karbohidrat yang dapat diserap oleh tubuh tanpa mengalami hidrolisis terlebih dahulu adalah ........
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 5
D. 1, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
25. Data percobaan uji protein sebagai berikut:
Pasangan senyawa protein yang mengandung inti benzena adalah ........
A. M dan N
B. L dan N
C. K dan L
D. L dan M
E. K dan M
26. Gas asetilena dapat dihasilkan dari reaksi :
CaC2(s) + 2H2O(l) Ca(OH)2(aq) + C2H2(g)
Kalor pembakaran gas asetilen 320 kJ/mol. Jika dalam suatu proses digunakan 320 gram Kalsium Karbida dengan asumsi hanya 60% CaC2 yang bereaksi, akan dihasilkan kalor sebanyak ........
A. 320 kJ
B. 480 kJ
C. 640 kJ
D. 800 kJ
E. 960 kJ
27. H2O(l) H2(g) + O2(g) H = +68,3 kkal
H2(g) + O2(g) H2O(g) H = -57,8 kkal
H2O(l) H2O(s) H = -1,4 kkal
Perubahan entalpi dari es menjadi uap adalah ........
A. -11,9 kkal
B. +11,9 kkal
C. -91,0 kkal
D. +9,1 kkal
E. +12,47 kkal
28. Dalam suatu percobaan penentuan laju reaksi P + Q hasil, diperoleh data sebagai berikut:
Dari percobaan di atas dapat disimpulkan bahwa orde reaksi totalnya adalah ........
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
29. Diketahui reaksi kesetimbangan pada suhu 725°C
4 NH3(g) + 5 O2(g) 4 NO(g) + 6 H2O(l) H = -1169,5 kJ
Kesetimbangan dapat terganggu jika:
1. suhu dinaikkan 3. volume diperbesar
2. tekanan diperbesar 4. hasil reaksi dikeluarkan
Untuk memperoleh gas NO lebih banyak yang dapat dilakukan adalah ........
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 3
E. 1 dan 2
30. Reaksi : 2 CO(g) + O2(g) 2 CO2(g)
Pada suhu tertentu 4 mol CO direaksikan dengan O2, ternyata dalam kesetimbangan terdapat 2 mol CO. Jika volume ruangan 10 liter dan harga tetapan kesetimbangan sama dengan 4, maka O2 yang diperlukan adalah ........
A. 0,40 mol
B. 0,25 mol
C. 2,5 mol
D. 3,5 mol
E. 4 mol
31. Logam Fe (Ar Fe = 56) jika dilarutkan di dalam asam dan direaksikan dengan KMnO4 akan terjadi reaksi sebagai berikut:
Fe2+(aq) + Mn2+(aq) + Fe3+(aq)
Jika berat Fe yang dilarutkan 11,2 gram, maka volume KMnO4 0,1 M yang dibutuhkan untuk reaksi tersebut adalah ........
A. 120 ml
B. 160 ml
C. 250 ml
D. 320 ml
E. 400 ml
32. Diketahui : E° dari :
Zn2+ | Zn = -0,76 V Cu2+ | Cu = +0,34 V
Fe2+ | Fe = -0,41 V Ag+ | Ag = +0,80 V
Pb2+ | Pb = -0,13 V
Sel kimia yang menghasilkan sel paling besar adalah ........
A. Zn2+ | Zn || Cu2+ | Cu
B. Fe2+ | Fe || Ag+ | Ag
C. Pb2+ | Pb || Cu2+ | Cu
D. Zn2+ | Zn || Pb2+ | Pb
E. Zn2+ | Zn || Ag+ | Ag
33. Jika diketahui :
Zn + Cu2+ Zn2+ + Cu E° = +1,10 volt
Sn2+ + 2e Sn E° = -0,14 volt.
Cu2+ + 2e Cu E° = +0,34 volt.
Maka potensial standar bagi reaksi:
Zn + Sn2+ Zn2+ + Sn adalah ........
A. +1,44 volt
B. +0,62 volt
C. +0,76 volt
D. +0.96 volt
E. +1,24 volt
34. Untuk menetralkan larutan yang terbentuk di Katode pada elektrolisis larutan Na2SO4 diperlukan 50 ml larutan HCl 0.2 M.
Jumlah muatan listrik yang digunakan adalah ........
A. 0,01 F
B. 0,02 F
C. 0,05 F
D. 0,10 F
E. 0,20 F
35.
Peristiwa elektrolisis dari ke empat gambar di atas yang menghasilkan gas hidrogen adalah........
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
36. Diketahui potensial reduksi standar dari:
Al3+ | Al = -1,66 V Cu2+ | Cu = +0,34 V
Zn2+ | Zn = -0,76 V Ag+ | Ag = +0,80 V
Fe2+ | Fe = -0,44 V
Berdasarkan data tersebut, pasangan logam yang dapat mencegah terjadinya korosi pada Besi adalah ........
A. Cu dan Zn
B. Al dan Cu
C. Cu dan Ag
D. Zn dan Al
E. Zn dan Ag
37. Di antara pernyataan berikut yang tidak tepat mengenai gas mulia adalah ........
A. gas mulia merupakan golongan unsur yang bersifat inert.
B. di alam gas mulia tidak bereaksi dengan unsur lain atau berada sebagai unsur bebas.
C. di antara gas mulia hanya Xe yang dapat direaksikan dengan unsur lain pada kondisi tertentu
D. bilangan oksidasi Xe dalam XeF6 dan dalam XeO3 adalah +6
E. argon sebagai gas pengisi lampu penerang memiliki konfigurasi elektron terluar sebagai konfigurasi delapan.
38. Berdasarkan urutan sifat oksidator unsur-unsur halogen, maka reaksi redoks di bawah ini yang tidak mungkin berlangsung adalah ........
A. Br2 + 2F- F2 + 2 Br-
B. Cl2 + 2Br- 2 Cl + Br2
C. 2Br- + F2 2F- + Br2
D. 2 I- + Br2 I2 + 2 Br
E. 2 Cl- + F2 Cl2 + 2F
39. Pasangan garam alkali tanah yang menyebabkan kesadahan tetap pada air adalah ........
A. CaSO4 dan Sr(HCO3)2
B. CaCl2 dan MgCl2
C. Mg (HCO3)2 dan MgCl2
D. Ca(HCO3)2 dan Mg (HCO3)2
E. CaCl2 dan Ca(HCO3)2
40. Perhatikan tabel berikut:
Pasangan yang tepat antara senyawa dan kegunaannya adalah ........
A. 1 dan b
B. 2 dan a
C. 4 dan c
D. 2 dan d
E. 3 dan d
41. Sifat di bawah ini yang sesuai untuk unsur-unsur periode ke tiga adalah ........
A. Na paling sukar bereaksi
B. P, S dan Cl cenderung membentuk basa
C. S adalah logam
D. Na, Mg, Al dapat berperan sebagai pengoksidasi
E. energi ionisasi Ar paling besar
42. 16,25 gram logam unsur transisi yang bervalensi dua direaksikan dengan larutan HCl dan menghasilkan 5,6 dm³ gas hidrogen (STP). Jika atom ini mengandung 35 netron, maka konfigurasi logam tersebut adalah ........
A. (Ar) 4s2 3d3
B. (Ar) 4s2 3d5
C. (Kr) 4s2 3d10
D. (Ar) 4s2 3d10
E. (Kr) 5s2 4d6
43. Manfaat elektrolisis dalam pembuatan tembaga adalah ........
A. menaikkan kadar tembaga dalam bijihnya
B. memisahkan bijihnya dari kotoran
C. menghasilkan tembaga yang lebih murni
D. menghilangkan kandungan peraknya
E. membuat tembaga yang tahan karat
44. Dari suatu eksperimen dihasilkan gas X yang mempunyai sifat :
1. tidak berwarna
2. berbau menyengat
3. bila bereaksi dengan HCl pekat menghasilkan kabut putih
4. larutannya dapat mengubah lakmus merah menjadi biru.
Gas X tersebut adalah ........
A. CO2
B. NH3
C. NO2
D. SO2
E. H2
45. Perhatikan gambar uji nyala dari ion alkali tanah berikut:
Warna nyala dari ion Na+ dan ion Ba2+ adalah ........
A. 5 dan 2
B. 1 dan 2
C. 2 dan 5
D. 1 dan 4
E. 3 dan 5
A. P dan Q
B. P dan R
C. S dan T
D. Q dan S
E. R dan T
2. Unsur B, N, F dan H masing-masing mempunyai elektron valensi 3, 5, 7 dan 1. Antara unsur-unsur ini dapat terbentuk senyawa BF3NH3. Ikatan apakah yang terdapat dalam senyawa tersebut ........
A. heteropolar dan homopolar
B. heteropolar dan kovalen koordinasi
C. homopolar dan kovalen koordinasi.
D. Heteropolar
E. kovalen koordinasi
3. Nomor atom unsur X sama dengan 27. Jumlah elektron tidak berpasangan dalam ion X2+ adalah ........
A. 1
B. 2
C. 3
D. 5
E. 7
4. Pada reaksi :
a K2MnO4 + b HCl MnO2 + c KMnO4 + d KCl + e H2O
Besarnya harga a, b, c, d dan e berturut-turut adalah ........
A. 3 - 4 - 2 - 4 – 2
B. 2 - 4 - 2 - 3 – 2
C. 3 - 2 - 4 - 2 – 4
D. 1 - 4 - 2 - 3 – 2
E. 3 - 2 - 2 - 4 - 2
5. Pada suhu dan tekanan tetap, 160 ml campuran gas metana dan propana dibakar sempurna dengan 500 ml gas oksigen, maka persen volume gas propana di dalam campuran semula adalah ........
A. 37,5%
B. 43,7%
C. 56,5%
D. 62,5%
E. 75%
6. Ke dalam 500 ml larutan asam nitrat 0,2 M ditambahkan larutan Na2CO3 melalui reaksi (belum setara) :
HNO3(aq) + Na2CO3(aq) NaNO3(aq) + H2O(l)+ CO2(g)
Pada suhu dan tekanan sama, 0,5 liter gas NO memiliki massa 7,5 gram (Mr = 30), maka volume gas CO2 yang dihasilkan sebanyak ........
A. 250 ml
B. 200 ml
C. 175 ml
D. 150 ml
E. 100 ml
7. Perhatikan gambar berikut ini !
Reaksi yang menghasilkan endapan terdapat pada tabung reaksi ........
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 4
D. 2 dan 3
E. 4 dan 5
8. Suatu paduan logam (aliasi) yang terdiri dari 90% Al (Ar = 27) dan 10% Cu (Ar = 63,5) digunakan untuk menghasilkan gas H2 dengan cara mereaksikannya dengan asam klorida. Untuk menghasilkan 6,72 liter gas H2 (STP), maka dibutuhkan paduan logam sebanyak ........
A. 21,6 gram
B. 12 gram
C. 6,7 gram
D. 6 gram
E. 5,4 gram
9. Konsentrasi ion H+ yang terdapat dalam campuran 50 ml larutan H2SO4 0,2 M dengan 50 ml larutan CH3COOH 0,4M (Ka CH3COOH = 10-5) adalah ........
A. 0,1 M
B. 0,2 M
C. 0,3 M
D. 0,4 M
E. 0,5 M
10. Ke dalam 90 ml larutan NH4OH 0,1 M (Kb NH4OH = 10-5) dicampurkan dengan 15 ml larutan H2SO4H 0,1M. Maka pH larutan yang terjadi adalah ........
A. 5 - log 2
B. 5 - log 4
C. 8 + log 5
D. 9 + log 2
E. 9 + log 4
11. Diketahui garam-garam :
1. (NH4)2SO4 4. FeCl3
2. (CH3COO)2Ca 5. Na2CO3
3. Ba (NO3)2
Pasangan garam yang larutannya dalam air dapat mengubah lakmus biru menjadi merah adalah ........
A. 2 dan 5
B. 1 dan 4
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 2 dan 3
12. Sebanyak 3,16 gram (CH3COO)2Ca, Mr = 158 dilarutkan dalam air hingga volumenya
5 liter. Jika KaCH3COOH = 2 x 10-5, pH larutannya adalah ........
A. 5 - log 2
B. 6 - log 2
C. 8 + log 2
D. 9 + log 2
E. 8 + log 2
13. Dalam 200 ml larutan terdapat 2 x 10-5 mol Mg(OH)2 jenuh, maka kelarutan Mg (OH)2 dalam larutan pH = 12 + log 2 adalah ........
A. 1,0 x 10-2 M
B. 0,5 x 10-3 M
C. 1,0 x 10-8 M
D. 2,0 x 10-8 M
E. 4,0 x 10-8 M
14. Dari lima macam larutan berikut yang mempunyai titik beku terendah adalah ........
A. CO(NH2)2 0,05 M
B. NaCl 0,03 M
C. BaCl2 0,03 M
D. AlCl3 0,02 M
E. Fe2(SO4)3 0,02 M
15. Sebanyak 13,68 gram sukrosa (Mr = 342) dilarutkan dalam air sampai volume larutan 100 ml pada suhu 27° C, jika diketahui R = 0,082 L atm mol-1K-1, tekanan osmotik larutan tersebut adalah ........
A. 9,84 atm
B. 6,15 atm
C. 4,92 atm
D. 0,98 atm
E. 0,092 atm
16. Fase terdispersi dan medium pendispersi pada kabut adalah ........
A. cair dalam gas
B. gas dalam cair
C. padat dalam padat
D. cair dalam padat
E. padat dalam gas
17. Nama yang tepat untuk senyawa berikut adalah ........
A. 2,5 dimetil - 5 etil - 2 pentena
B. 2 - metil - 5 etil - 2 heksena
C. 2 etil - 5 metil - 2heksena
D. 3,6 dimetil - 5 heptena
E. 2,5 dimetil - 2 heptena
18. Untuk meningkatkan bilangan oktan pada bensin dapat ditambahkan cat aditif yang lebih aman dari TEL yaitu MTBE rumus kimia MTBE adalah ........
A. (CH3)2CH2COCH3
B. (CH3)3COCH3
C. (C2H5)4Pb
D. (C2H5)2Pb
E. (CH3)3CO2CH
19. Senyawa yang dapat bereaksi dengan pereaksi Fehling atau Tollens memiliki gugus fungsi........
A. - O –
B. - CO –
C. – COOH
D. – CHO
E. - COO –
20. Pasangan senyawa karbon di bawah ini yang merupakan isomer gugus fungsi adalah ........
A. propanol dan propanal
B. metil etanoat dan propanol
C. etil-metil-eter dan metil etanoat
D. etil-metil-keton dan propanon
E. propanol dan metoksietana
21. Turunan benzena berikut yang disebut paranitrofenol adalah ........
A.
B.
C.
D.
E.
22. Sebanyak X molekul alanin (Mr = 89) berpolimerisasi kondensasi membentuk senyawa polipeptida. Jika Mr polipeptida 870. Mr H2O = 18, maka nilai X adalah ........
A. 10
B. 12
C. 14
D. 15
E. 20
23. Perhatikan 5 macam kelompok mengenai polimer berikut :
Berdasarkan data di atas, mana polimer yang sesuai dengan tabel no. 1 dan 4 adalah
A. Bakelit dan Nilon
B. Karet dan Protein
C. Nilon dan Teflon
D. Protein dan Nilon
E. Polistirena dan Teflon
24. Dari beberapa karbohidrat berikut :
1. Fruktosa 4. Glukosa
2. Maltosa 5. Galaktosa
3. Laktosa
Karbohidrat yang dapat diserap oleh tubuh tanpa mengalami hidrolisis terlebih dahulu adalah ........
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 5
D. 1, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
25. Data percobaan uji protein sebagai berikut:
Pasangan senyawa protein yang mengandung inti benzena adalah ........
A. M dan N
B. L dan N
C. K dan L
D. L dan M
E. K dan M
26. Gas asetilena dapat dihasilkan dari reaksi :
CaC2(s) + 2H2O(l) Ca(OH)2(aq) + C2H2(g)
Kalor pembakaran gas asetilen 320 kJ/mol. Jika dalam suatu proses digunakan 320 gram Kalsium Karbida dengan asumsi hanya 60% CaC2 yang bereaksi, akan dihasilkan kalor sebanyak ........
A. 320 kJ
B. 480 kJ
C. 640 kJ
D. 800 kJ
E. 960 kJ
27. H2O(l) H2(g) + O2(g) H = +68,3 kkal
H2(g) + O2(g) H2O(g) H = -57,8 kkal
H2O(l) H2O(s) H = -1,4 kkal
Perubahan entalpi dari es menjadi uap adalah ........
A. -11,9 kkal
B. +11,9 kkal
C. -91,0 kkal
D. +9,1 kkal
E. +12,47 kkal
28. Dalam suatu percobaan penentuan laju reaksi P + Q hasil, diperoleh data sebagai berikut:
Dari percobaan di atas dapat disimpulkan bahwa orde reaksi totalnya adalah ........
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
29. Diketahui reaksi kesetimbangan pada suhu 725°C
4 NH3(g) + 5 O2(g) 4 NO(g) + 6 H2O(l) H = -1169,5 kJ
Kesetimbangan dapat terganggu jika:
1. suhu dinaikkan 3. volume diperbesar
2. tekanan diperbesar 4. hasil reaksi dikeluarkan
Untuk memperoleh gas NO lebih banyak yang dapat dilakukan adalah ........
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 1 dan 3
E. 1 dan 2
30. Reaksi : 2 CO(g) + O2(g) 2 CO2(g)
Pada suhu tertentu 4 mol CO direaksikan dengan O2, ternyata dalam kesetimbangan terdapat 2 mol CO. Jika volume ruangan 10 liter dan harga tetapan kesetimbangan sama dengan 4, maka O2 yang diperlukan adalah ........
A. 0,40 mol
B. 0,25 mol
C. 2,5 mol
D. 3,5 mol
E. 4 mol
31. Logam Fe (Ar Fe = 56) jika dilarutkan di dalam asam dan direaksikan dengan KMnO4 akan terjadi reaksi sebagai berikut:
Fe2+(aq) + Mn2+(aq) + Fe3+(aq)
Jika berat Fe yang dilarutkan 11,2 gram, maka volume KMnO4 0,1 M yang dibutuhkan untuk reaksi tersebut adalah ........
A. 120 ml
B. 160 ml
C. 250 ml
D. 320 ml
E. 400 ml
32. Diketahui : E° dari :
Zn2+ | Zn = -0,76 V Cu2+ | Cu = +0,34 V
Fe2+ | Fe = -0,41 V Ag+ | Ag = +0,80 V
Pb2+ | Pb = -0,13 V
Sel kimia yang menghasilkan sel paling besar adalah ........
A. Zn2+ | Zn || Cu2+ | Cu
B. Fe2+ | Fe || Ag+ | Ag
C. Pb2+ | Pb || Cu2+ | Cu
D. Zn2+ | Zn || Pb2+ | Pb
E. Zn2+ | Zn || Ag+ | Ag
33. Jika diketahui :
Zn + Cu2+ Zn2+ + Cu E° = +1,10 volt
Sn2+ + 2e Sn E° = -0,14 volt.
Cu2+ + 2e Cu E° = +0,34 volt.
Maka potensial standar bagi reaksi:
Zn + Sn2+ Zn2+ + Sn adalah ........
A. +1,44 volt
B. +0,62 volt
C. +0,76 volt
D. +0.96 volt
E. +1,24 volt
34. Untuk menetralkan larutan yang terbentuk di Katode pada elektrolisis larutan Na2SO4 diperlukan 50 ml larutan HCl 0.2 M.
Jumlah muatan listrik yang digunakan adalah ........
A. 0,01 F
B. 0,02 F
C. 0,05 F
D. 0,10 F
E. 0,20 F
35.
Peristiwa elektrolisis dari ke empat gambar di atas yang menghasilkan gas hidrogen adalah........
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
36. Diketahui potensial reduksi standar dari:
Al3+ | Al = -1,66 V Cu2+ | Cu = +0,34 V
Zn2+ | Zn = -0,76 V Ag+ | Ag = +0,80 V
Fe2+ | Fe = -0,44 V
Berdasarkan data tersebut, pasangan logam yang dapat mencegah terjadinya korosi pada Besi adalah ........
A. Cu dan Zn
B. Al dan Cu
C. Cu dan Ag
D. Zn dan Al
E. Zn dan Ag
37. Di antara pernyataan berikut yang tidak tepat mengenai gas mulia adalah ........
A. gas mulia merupakan golongan unsur yang bersifat inert.
B. di alam gas mulia tidak bereaksi dengan unsur lain atau berada sebagai unsur bebas.
C. di antara gas mulia hanya Xe yang dapat direaksikan dengan unsur lain pada kondisi tertentu
D. bilangan oksidasi Xe dalam XeF6 dan dalam XeO3 adalah +6
E. argon sebagai gas pengisi lampu penerang memiliki konfigurasi elektron terluar sebagai konfigurasi delapan.
38. Berdasarkan urutan sifat oksidator unsur-unsur halogen, maka reaksi redoks di bawah ini yang tidak mungkin berlangsung adalah ........
A. Br2 + 2F- F2 + 2 Br-
B. Cl2 + 2Br- 2 Cl + Br2
C. 2Br- + F2 2F- + Br2
D. 2 I- + Br2 I2 + 2 Br
E. 2 Cl- + F2 Cl2 + 2F
39. Pasangan garam alkali tanah yang menyebabkan kesadahan tetap pada air adalah ........
A. CaSO4 dan Sr(HCO3)2
B. CaCl2 dan MgCl2
C. Mg (HCO3)2 dan MgCl2
D. Ca(HCO3)2 dan Mg (HCO3)2
E. CaCl2 dan Ca(HCO3)2
40. Perhatikan tabel berikut:
Pasangan yang tepat antara senyawa dan kegunaannya adalah ........
A. 1 dan b
B. 2 dan a
C. 4 dan c
D. 2 dan d
E. 3 dan d
41. Sifat di bawah ini yang sesuai untuk unsur-unsur periode ke tiga adalah ........
A. Na paling sukar bereaksi
B. P, S dan Cl cenderung membentuk basa
C. S adalah logam
D. Na, Mg, Al dapat berperan sebagai pengoksidasi
E. energi ionisasi Ar paling besar
42. 16,25 gram logam unsur transisi yang bervalensi dua direaksikan dengan larutan HCl dan menghasilkan 5,6 dm³ gas hidrogen (STP). Jika atom ini mengandung 35 netron, maka konfigurasi logam tersebut adalah ........
A. (Ar) 4s2 3d3
B. (Ar) 4s2 3d5
C. (Kr) 4s2 3d10
D. (Ar) 4s2 3d10
E. (Kr) 5s2 4d6
43. Manfaat elektrolisis dalam pembuatan tembaga adalah ........
A. menaikkan kadar tembaga dalam bijihnya
B. memisahkan bijihnya dari kotoran
C. menghasilkan tembaga yang lebih murni
D. menghilangkan kandungan peraknya
E. membuat tembaga yang tahan karat
44. Dari suatu eksperimen dihasilkan gas X yang mempunyai sifat :
1. tidak berwarna
2. berbau menyengat
3. bila bereaksi dengan HCl pekat menghasilkan kabut putih
4. larutannya dapat mengubah lakmus merah menjadi biru.
Gas X tersebut adalah ........
A. CO2
B. NH3
C. NO2
D. SO2
E. H2
45. Perhatikan gambar uji nyala dari ion alkali tanah berikut:
Warna nyala dari ion Na+ dan ion Ba2+ adalah ........
A. 5 dan 2
B. 1 dan 2
C. 2 dan 5
D. 1 dan 4
E. 3 dan 5
Langganan:
Postingan (Atom)