Laboratorium Kimia SMA Negeri 4 Samarinda
Praktikum I
2009 / 2010
Judul : “ Titrasi Asam - Basa ”
Praktikan : ......................................
Nomor Absen : ..................
Kelas : ..................
Tanggal : ......................................
Lembar Kegiatan Siswa
I. Tujuan Praktikum :
a. Menentukan konsentrasi larutan HCl.
b. Menentukan kadar asam cuka dari berbagai produk yang ada di pasaran.
II. Dasar Teori
Lengkapi sendiri! ( cari referensi dari Buku Cetak, Buku Kimia lainnya maupun dari Internet! )
III. Alat dan Bahan
a). Alat yang digunakan :
Nama Alat Jumlah
Buret ukuran 50 mL dan statif 1 set
Labu erlenmeyer minimal 2 buah
Pipet volume 1 buah
Pipet tetes secukupnya
Corong 1 buah
Botol semprot + aquades 1 buah
Gelas kimia 1 buah
Labu takar 100 mL secukupnya
Bola hisap 1 buah
Gelas ukur 1 buah
b). Bahan yang digunakan :
Nama Bahan Jumlah
Larutan HCl @ 10 mL
Larutan NaOH 0,1 M secukupnya
Asam cuka dari berbagai produk @ 5 mL
Aquades secukupnya
Indikator fenolftalein ( PP ) secukupnya
IV. Cara Kerja :
A. Menentukan konsentrasi larutan HCl.
a) Ambillah 10 mL larutan HCl dengan menggunakan pipet volume dan masukkan ke dalam labu erlenmeyer!
b) Tambahkan 2-3 tetes indikator PP!
c) Masukkan larutan NaOH 0,1 M ( sebagai zat peniter / penitrasi ) ke dalam buret!
d) Teteskan sedikit demi sedikit larutan NaOH ( yang ada di buret ) ke dalam larutan HCl ( yang ada di labu erlenmeyer ); sambil menggoyang-goyangkan labu erlenmeyernya!
e) Proses dihentikan jika warna larutan dalam erlenmeyer berubah dari bening tidak berwarna menjadi merah jambu ( merah ungu ) !
f) Catatlah volume larutan NaOH 0,1 M yang terpakai!
g) Lakukan percobaan sebanyak 3 kali ( untuk mendapatkan 3 data volume NaOH )!
B. Menentukan kadar asam cuka dari berbagai produk yang ada di pasaran.
a) Ambillah @ 5 mL asam cuka dari berbagai produk, masukkan ke dalam labu takar 100 mL; kemudian tambahkan aquades sampai tanda batas!
b) Ambillah @ 25 mL larutan asam cuka yang telah diencerkan, masukkan ke dalam labu erlenmeyer dan tambahkan 2-3 tetes indikator PP!
c) Masukkan larutan NaOH 0,1 M ( sebagai zat peniter / penitrasi ) ke dalam buret!
d) Teteskan sedikit demi sedikit larutan NaOH ( yang ada di buret ) ke dalam larutan asam cuka ( yang ada di labu erlenmeyer ); sambil menggoyang-goyangkan labu erlenmeyernya!
e) Proses dihentikan jika warna larutan dalam erlenmeyer berubah dari bening tidak berwarna menjadi merah jambu ( merah ungu ) !
f) Catatlah volume larutan NaOH 0,1 M yang terpakai!
g) Lakukan percobaan sebanyak 3 kali ( untuk mendapatkan 3 data volume NaOH )!
h) Hitunglah kadar larutan asam cuka tersebut! ( jika diketahui konsentrasi asam cuka murni = 17,4 M )
V. Tabel Data Pengamatan :
A. Menentukan konsentrasi larutan HCl.
No Volume larutan HCl Volume larutan NaOH 0,1 M yang digunakan
1 10 mL
2 10 mL
3 10 mL
B. Menentukan kadar asam cuka dari berbagai produk yang ada di pasaran.
No Nama Produk Asam Cuka Percobaan ke : Volume Asam Cuka Volume larutan NaOH 0,1 M yang digunakan
1 25 mL
I 2 25 mL
3 25 mL
1 25 mL
II 2 25 mL
3 25 mL
1 25 mL
III 2 25 mL
3 25 mL
VI. Perhitungan dan Pembahasan :
A. Menentukan konsentrasi larutan HCl.
a) Perhitungan volume rerata larutan NaOH 0,1 M yang digunakan :
b) Persamaan reaksi dan perhitungan jumlah mol :
c) Perhitungan konsentrasi larutan HCl :
B. Menentukan kadar asam cuka dari berbagai produk yang ada di pasaran.
1) Nama Produk Asam Cuka I : .....................................
a) Perhitungan volume rerata larutan NaOH 0,1 M yang digunakan :
b) Persamaan reaksi dan perhitungan jumlah mol :
c) Perhitungan konsentrasi larutan asam cuka :
d) Perhitungan kadar larutan asam cuka ( dalam % ) :
2) Nama Produk Asam Cuka II : .....................................
a) Perhitungan volume rerata larutan NaOH 0,1 M yang digunakan :
b) Persamaan reaksi dan perhitungan jumlah mol :
c) Perhitungan konsentrasi larutan asam cuka :
d) Perhitungan kadar larutan asam cuka ( dalam % ) :
3) Nama Produk Asam Cuka III : .....................................
a) Perhitungan volume rerata larutan NaOH 0,1 M yang digunakan :
b) Persamaan reaksi dan perhitungan jumlah mol :
c) Perhitungan konsentrasi larutan asam cuka :
d) Perhitungan kadar larutan asam cuka ( dalam % ) :
VII. Kesimpulan : ( disesuaikan dengan tujuan praktikum )
1) ...................................................................................................................................................................................................
2) ...................................................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................................................
Samarinda, ...............................................
Praktikan
( ....................................................... )
Seluruh siswa SMAN 4 Samarinda tingkatkan terus kemampuan Anda demi masa depan yang lebih baik khususnya anak2ku kelas XII pacu terus semangat belajarmu agar lulus UN 2010 dan sukses di PT dan sukses di Masa Depan
BalasHapus“Watch your habits, for they become your character. Develop your character, for it becomes your destiny”
BalasHapusPerhatikan kebiasaanmu, karena itu akan menjadi karaktermu. Bangunlah karaktermu, karena itu akan menentukan masa depanmu
BEING CAREFUL IN JUDGING AN OPINION IS A SIGN OF WISDOM.
BalasHapusKEHATI-HATIAN DALAM MENILAI PENDAPAT ORANG ADALAH CIRI KEMATANGAN JIWA.
Ambillah waktu untuk berfikir, itu adalah sumber kekuatan.
BalasHapusAmbillah waktu untuk bermain, itu adalah rahasia dari masa muda yang abadi.
Ambillah waktu untuk berdoa, itu adalah sumber ketenangan.
Ambillah waktu untuk belajar, itu adalah sumber kebijaksanaan.
Ambillah waktu untuk mencintai dan dicintai, itu adalah hak istimewa yang diberikan Tuhan.
Ambillah waktu untuk bersahabat, itu adalah jalan menuju kebahagiaan.
Ambillah waktu untuk tertawa, itu adalah musik yang menggetarkan hati.
Ambillah waktu untuk memberi, itu adalah membuat hidup terasa bererti.
Ambillah waktu untuk bekerja, itu adalah nilai keberhasilan.
Ambillah waktu untuk beramal, itu adalah kunci menuju syurga.
kel. titrasi {XII IPA 2}
BalasHapus1. Yuniliana
2. nurhalimah
3. boni tandi datu
4. suharni
5. helda
6. m. kamal
25% = 4,1 mol
kritik dan saran untuk smapa : semoga smapa tetap maju dibidang ekstra kulikuler dan intra kulikuler.
Kel: Garam Inggris (XII IPA 3)
BalasHapus1. Abdul Rahman,
2. Jamilah,
3. Renny Novermiwati,
4. Rizky Fahrozy,
5. Selly Widiastuti
6. Tauriza A,
7. Wiwi Jayanti. (Ketua)
20% = 4,1 mol
Kritik dan saran : Bila ada murid yang terlambat masuk sekolah, sebaiknya ditugaskan membawa buku-buku pelajaran (mata pelajaran apa saja) yang terbaru untuk mengisi perpustakaan, agar siswa-siswi tidak merasa bosan membaca di perpustakaan. Maju terus SMA N 4!
"OJO DUMEH"
buret 3 ipa 2
BalasHapus25%=4,17 mol
kritik dan saran : semoga smapa lebih sukses dan semoga UAN tahun ini lulus 1000% amin..................
GELAS UKUR (3 IPA 2)
BalasHapusM=gr/mrx1000/p
=25/60x1000/100
=4,1
jadi arti dari 25% adalah 4,1 mol
kritik dan saran: semoga smapa sukses selalu tdk kalah dng sklah2 yank terdepan
cayoo smapa
ojo dumeh...!!!
kelompok labu volume 3 ipa 2
BalasHapus1. Adariani Zakiah
2. Fitriana BT
3. Fitri Asriani
4. Melly Astriana
5. Indri
6. Shanty J
molaritas dari 25% asam cuka adalah 4,166 M
kritik n saran : sebaiknya d sediakan sndal jepit d mshalla agr memudhkan bgi siswa yg hndak shLat, ,
benzena
BalasHapusXII IPA I
1. Ismawati
2. M. Ridwan Noer
3. Nor Mala sari
4. Rusmina
5. Sri Juniarty Syam
6. Pebrianti Sri Wulandari
25% = 4.1 M
kerItIk & saran ;
SMA N 4 adaLah sekOLah yang tergOLOng favOrIt tapI peraturan SMA N 4 InI hanya tertuju kepada sIswa saja padahaL yang berada dI SMA N 4 Itu bukan hanya murId meLaInkan guru-guru juga ada dI daLamnya, saya dan teman-teman berharap kaLau ada guru yang meLakukan kesaLahan mIsaLnya terLambat pada saat upaCara ada baIknya guru tersebut dI hukum bersamaan dengan murId yang terLambat juga jadI guru tersebut bIsa merasakan gImana sIh rasanya kaLau dI hukum, dan satu haL LagI tIap tahun SMA N 4 mengadakan festIvaL band yang meneLan bIaya sangat besar Itu tIdak bermanfaat apa-apa, kenapa dana yang besar tersebut tIdak dI gunakan untuk kegIatan sOsIaL mIsaLnya sunatan masaL atau haL-haL yang bermanfaat LaInnya setIdaknya Orang jadI senang dan kIta mendapat pahaLa darI pada festIvaL band yang hanya menggangu warga yang berada dI dekat sekOLah. Saya mewakILI teman-teman berharap Bapak/Ibu guru bIsa mempertImbangkan apa yang saya dan teman-teman sampaIkan. TerImakasI
KETON IS THE BEST
BalasHapusKETON...KELOMPOK...KETON
..
3IPA1
NAMA KELOMPOK :
1.AZIZ ASHAR
2.M.SAPTO UTOMO(KET'UA)
3.HARI YULIANTO
4.SALMARIYANI
5.NUR ASIAH
6.DENY KHAYAL SAPUTRA
JADI DARI 25%=4,1M
KRITIK DAN SARAN
MENJELANG PELAKSANAAN U N,KAmi wakil dari kelas tiga untuk mempertimbangkan kemudahan untuk mengambil nomor peserta..dan kepastian.
kami ingin lulus,ingin sukses....dan juga kemudahan membayr bp3..i love u full n word live
sponsored:dX community,WWe,warnet keton,temen-temen yang udah bantu2...smua phak yang mendukung..dll
n yg trakhir mhon doa restux untuk kami yang menghadapi UN 2010...smoga kami lulus smua...terutama kelas 3 ipa 1.....thanks
KELOMPOK MERCURY
BalasHapusXII IPA 4
"The answer is 4,1 M"
...
Kritik dan saran :
Sebaiknya diperbanyak dan diperbarui buku - buku yang ada di perpustakaan. Dan perlu diperbanyak lagi komputer yang ada di Lab. Segera ganti komputer yang rusak/Hang. Karena kita semua haus akan pengetahuan teknologi informasi serta tak ingin ketinggalan perkembangan dan kemajuan teknolgi saat ini. Bagaimana kita bisa menyerap ilmunya kalau waktu belajarnya sangat tidak proporsional dan tidak efektif karena harus berbagi komputer dengan satu sampai tiga orang?
Kelompok Alkosi Alkana
BalasHapusXII IPA 4
M=gr/Mr x 1000/p
=25/60 x 1000/100
=4,1 M
Kritik dan saran :
Jangan biarkan SMA kita tercinta banjir lagi.
Apalagi banjirnya bertepatan dengan UN. Na'uzubillah, jangan sampai terjadi!
...
Mungkin dengan pengerukan kolam SMAPA, bisa meminimalisir volume banjir yang terjadi.
...
I will love my school forever.
And don't let it get the flood again!
KOLOID PELINDUNG, XII IPA 3
BalasHapusM=gr/mr*1ooo/p=25/60*1000/100= 4,1 M
m= 4,1 m
jangan prnh memandang seseorang dgn sebelah mata aj... harus ada keterbukaan di antara murid dan siswanya, agar terjadi hubungan yg erat dan jujur..
RADIOAKTIF, XII IPA 3
BalasHapusM= 4,1 M
persamaan hak dan kewajiban itu yang paling penting, ojo dumeh....
BUFFER, XII IPA 3
BalasHapusM= 4,1 M
TERIMA KASIH TELAH MENDIDIK KAMI DENGAN BAIK, DAN SABAR ...
Kelompok Praktikum II ( Nitro Benzena )XII IPA 1 :
BalasHapusBadruddin Haas
Joey Graffey Darundas
Berlian
Febella Ayu
Fitriana Anwar
Merlin A
M = gr/Mr.1000/V
= 25/60.1000/75
= 2500/450
= 5.56 M
Saran :
Assalamualaikum Wr. Wb
Kami dari kelompok Nitro Benzena ( XII IPA 1 ) ingin memberikan sedikit masukan demi kepentingan dan kemajuan sekolah tercinta SMA Negeri 4 Samarinda.
" KEBERSIHAN SEBAGIAN DARIPADA IMAN". Dalam hal ini kami sedikit menyinggung masalah kebersihan, karena kami menganggap kebersihan disekolah kita ini belumlah termasuk kategori yang memuaskan. Muncul pertanyaan di benak kami, Mengapa siswa - siswi sangat sulit sekali diajak untuk menjaga kebersihan ? Apa karena siswa - siswi tidak menyadari akan pentingnya kebersihan ? Apa karena budaya tidak cinta kebersihan itu sudah mendarah daging dalam diri para siswa ?
Tidak bisa dipungkiri, kami ber-6 mengakui hal tersebut dengan menjawab "Ya".
Tapi, kemudian muncul kembali pertanyaan di benak kami. Apabila siswa telah seperti itu, bagaimana mengatasinya ? setelah berunding, kami pun mendapatkan solusi. Yaitu sebagai berikut :
1. Dengan cara lebih menggalakkan budaya gotong - royong di sekolah.
2.Dengan cara lebih menanamkan sikap kepedulian terhadap lingkungan kepada para siswa.
Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan .
Semoga saran kami tersebut bisa bermanfaat bagi sekolah kita tercinta.
Amin Ya Robbal Alamin.
Wassalamualaikum Wr. Wb
NITRO BENZENA ( XII IPA 1 )
ASETILENA XII IPA 1
BalasHapusNama Kelompok :
1. Ryan Nur (ketua)
2. Destri Yudha
3. Fitriani
4. Meldyana
5. Rezki Lestari
6. Widya Ramadhani
7. Winda Mulya Nugrahi
Molaritas dari asam cuka 25% adalah 0,04 M
Kritik dan saran : seharusnya 3 bulan sebelum ujian nasional,kita sudah tidak mempelajari buku buku, melainkan membahas soal soal untuk persiapan UN. dan sebaiknya di sediakan tempat berwudhu yang tertutup untuk para wanita muslim di sma n 4 samarinda. OJO DUMEH 07/03/10
kelompok:aldehid
BalasHapus1.Nurul Fajri Rasyidah
kelas 12 Ipa 3
M=gr/Mr x 1000/p
=25/60 x 1000/100
=4,1 M
saran :pak doain y biar siswa/i klas 3 lu2s 100%.amin....
ralat : yg benar kelompok alkali
BalasHapuskelompok:alkali
1.Nurul Fajri Rasyidah
kelas 12 Ipa 3
M=gr/Mr x 1000/p
=25/60 x 1000/100
=4,1 M
saran : :) pak doain y biar siswa/i klas 3 lu2s 100%.amin....
Meralat komentar yang terdahulu
BalasHapusBENZENA
1. M. Ridwan Noer
2. Pebrianti S.W
3. Rusmina
4. Sri Juniarty Syam
5. Noramla Sari
6. Ismawati
Saya selaku ketua kelompok ingin meminta maaf kepada pihak yang telah tersinggung denrgan tingkah saya yang kurang baik dalam menyikapi tugas yang di berikan kepada saya, saya berharap pihak yang bersangkutan dapat memaafkan saya bukan hanya itu saya harap SMA 4 juga bisa memaafkan saya,saya tahu saya telah bersalah kepada sekolah yang telah memberikan saya ilmu yang berharga, jadi saya selaku ketua kelompok praktikum kimia memohon dan meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terkait. saya pribadi M. Ridwan Noer berjanji tidak akan mengulanginya lagi di kemudian hari.
atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih
TOXIC
BalasHapusXII IPA I
1. Aris Munandar
2. Dewi Shinta Febriyani
3. Maliang
4. Marwah
5. Nurhayati
6. Rida
7. Yuliana
25% CH3COOH (asam cuka) = 4.1 M
kritik dan saran :
Assalamualaikum wr wb.
Saya mewakili kelompok (VI) TOXIC dari kelas 3 IPA I akan memberi masukan untuk kemajuan SMA N 4 Samarinda. sebagai keluarga besar SMA N 4, sudah sepatutnyalah kita bersyukur atas karunia yang telah di berikan ALLAH SWT. Lingkungan yang asri dengan pepohonan yang rindang serta tanaman-tanaman di lingkungan SMA N 4 selain mempercantik juga membuat lingkungan sekolah jadi lebih sehat. Oleh karena itu, sepatutnyalah kita menjaga lingkungan SMA N 4 ini, demi meningkatkan lingkungan SMA N 4 menjadi lebih asri dan indah, kami menyarankan pengadaan kegiatan pembersihan lingkungan yang minimal di laksanakan dua minggu sekali, yaitu pada hari jumat atau sabtu. Semoga saran kami dapat di terima dan bermanfaat bagi kita semua. Atas perhtian bapak, kami mengucapkan terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr wb
kelompok neraca analitis XII IPA 2
BalasHapusKETUA : SAMSU FARDI
25 % CUKA = 4,1 MOL
kritik :
untuk memajukan sma negeri 4 agar lebih bersih lagi perlu di adakan kerja bakti setiap bulan
saran :
lebih meningkatkan prestasi di bidang akademik dan bidang non akademik
kelompok erlemeyer xii ipa 2
BalasHapusketua : Zainul arif
25% cuka = 4,1 mol
kritik :
tolong tingkat kan kebersihan
saran : eskul harus lebih di ornganisasikan agar perestasi lebih meningkat
Kelompok Aldehid XII IPA 1
BalasHapus1. Fitriana (ketua)
2. Dea Sartika
3. Halia
4. Nur Aisyah
5. Eni Wahyuni
6. Darmawati
25% larutan cuka = 4,16 M
Kritik dan Saran : Lebih tertibkan siswa SMAPA, buat SMAPA jadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. GO SMAPA!!!!
Kelompok SPU XII IPA 3
BalasHapus1. Mahyudin (ketua)
2. Dede Eko
3. M. Fahri
4. Erwin
5. Mustafa Kamal
6. Nelita
25% larutan cuka = 4,1 M
Kritik dan saran :bagi murid yang terlambat atau melanggar peraturan jangan hanya memberi hukuman yang ringan, misalnya memberikan hukuman yang berguna contohnya membeli buku,dll. Dan semoga SMAPA akan menjadi sekolah yang bertaraf nasional
kelompok : Boraks
BalasHapusXii ipa 4
25% = 4,16
saran : tingkatkan SMA4 biar lebih maju kedepannya...Ojo Dumeh...
terimakasih pak, materinya sangat membantu :)
BalasHapus