Senin, 20 Agustus 2012

FB-Interactive Classroom #2 – Mengenal Ruang Kelas Facebook

Setelah kita membuat Ruang Kelas dan menentukan semua anggota dalam kelas tersebut, maka sebaiknya kita mengenal kondisi Ruang kelas tempat kita mengajar, supaya kita dan siswa kita merasa nyaman berada di dalamnya.
Pada Ruang kelas (group) Facebook, terdapat beberapa Menu Tab yang bisa kita gunakan sesuai dengan fungsinya. Menu-menu tersebut adalah :
1. Wall (Group) : Wall (dinding) digunakan untuk memberikan informasi / pengetahuan yang bersifat umum. kita juga bisa melempar sebuah topik diskusi pada bagian ini (Wall) untuk menguji keaktifan siswa pada sebuah kelas (group).
2. About : Pada menu ini kita bisa mengisikan semua informasi tentang Kelas ini, misalnya siapa saja anggotanya, peraturan/tata tertib, atau stuktur organisasi kelas dan seterusnya.
3. Events : Pada pilihan ini kita bisa membuat Jadwal untuk kegiatan tertentu yang sudah kita agendakan sebelumnya. Events ini bertujuan untuk mengingatkan siswa atas agenda yang akan dilaksanakan pada waktu yang sudah ditentukan. Misalnya Agenda untuk Ulangan harian, dan seterusnya..
4. Photos : Bisa kita gunakan untuk menyimpan dokumentasi kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran.
5. Files : Menu pilihan ini bisa digunakan untuk menyajikan Bahan ajar berupa teks dan gambar bahkan bahan ajar berupa File.

6. Chat : Fasilitas ini digunakan sebagai media berkomunikasi secara online antara guru dan siswa. Fasilitas ini bisa kita gunakan saat kita tidak berada dalam Ruang kelas yang sebenarnya. Sehingga dengan memanfaatkan fasilitas Chat, komunikasi kita dan siswa tentang materi yang sedang disampaikan akan tetap terjaga.
7. Message : Fasilitas untuk mengirimkan pesan dari/untuk anda/siswa, sehingga apabila ada hal yang perlu disampaikan oleh guru/siswa tentang sesuatu yang bersifat rahasia, bisa disampaikan melalui fasilitas ini.
8. Program Aplikasi : Facebook menyediakan berbagai jenis aplikasi yang bisa kita gunakan, misalnya quiz online. Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk memberi quiz pada siswa tentang materi yang telah disampaikan. Pemanfaatan Quiz Online pada Facebook akan dibahas kemudian.
Sebaiknya kita mengenalkan ruang kelas kita kepada siswa kita, karena dengan mengenali kondisi ruang kelas tempat kita mengajar, akan membuat kita dan siswa kita merasa seperti di rumah sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar