Rabu, 07 Maret 2012

Walaupun sebelumnya terjadi beberapa perbedaan pandangan antara ditiadakanya Ujian Nasional (UN) atau sebaliknya, Namun yang pasti didasarkan Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan Nasional No 74 dan 75 tahun 2009 tentang  UASBN SD/MI serta Ujian Nasional SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMK Tahun Pelajaran 2009/2010.  Peraturan  ini ditandatangani Menteri Pendidikan Nasional Prof. M. Nuh pada 13 ONopember  2011, seminggu sebelum diganti dengan Mendiknas Prof. Muh Nuh Kabinet Indonesia Bersatu II. Itu artinya Sebentar lagi tepatnya pada tanggal 16 - 19 April  2012 para pelajar di tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) akan mengahadapi Ujian Nasional. Untuk menghadapi saat UN tersebut, seluruh siswa-siswi di seluruh Indonesia harus siap dan tidak perlu takut dalam menghadapi UN tersebut. Yang lebih penting lagi adalah sikap dan kesiapan kita dalam menghadapi UN tersebut harus kita siapkan dengan baik.
Di bawah ini saya hanya sedikit berbagi tips untuk adik-adik khususnya para pelajar yang akan menghadapi Ujian Nasional. Tapi perlu diketahui bahwa tips yang saya tulis disini hanya berdasarkan pengalaman saya pribadi beberapa tahun yang lalu saat duduk di bangku SLTA. Dan dengan tips yang saya terapkan dulu saya bisa Lulus dengan nilai yang tidak mengecewakan dan pada akhirnya bisa melanjutkan ke salah satu Perguruan Tinggi Negeri.
Berikut Tips sederhana menghadapi Ujian Nasional 2012.
1. Rajin Membaca
Sistem pendidikan apapun pasti tidak mungkin berjalan ketika kita malas membaca, termasuk untuk para pelajar. Rajin membaca disini sebnarnya dilakukan jangan hanya ketika kita mendekati datang Ulangan apalagi saat mendekati UN saja, tapi seharusnya dilakukan sejak awal misalnya setiap kita pulang sekolah kita baca setiap mata pelajaran yang tadi pagi guru ajarkan kepada kita sehingga memori dan daya ingat kita masih baik. Dan yang kedua yaitu bacalah materi pelajaran ketika pagi hari sebelum berangkat sekolah. Tapi syaratnya bangun tidurnya harus lebih pagi. Sehabis Sholat subuh misalnya, itu waktu yang baik untuk belajar,. Sehingga nanti ketika berangkat di sekolah, daya ingat kita juga masih tajam karena sebelumnya kita sudah membaca dan mempelajarinya. Begitu dan seterusnya dilakukan setiap hari. Dan ketika mendekati UN maka jatah membaca kita juga harus ditambah untuk mencapai hasil lebih sempurna.
2. Mengikuti Bimbingan Belajar
Saran yang kedua ini sebenarnya mungkin bisa dilakukan oleh pelajar yang memiliki orang tua yang berpendapatan menengah keatas, Namuin nanti akan saya jelaskan juga untuk pelajar yang merasa tidak mampu bayar mengikuti Bimbingan Belajar. Tapi untuk mereka yang memiliki kemampuan untuk mengikuti bimbingan belajar ini sangat dianjurkan untuk mengikuti Bimbingan belajar di luar jam pelajaran sekolah. Ini sangat membantu sekali karena saat ini lembaga pendidikan yang seperti ini sudah sangat banyak di sekitar kita dengan memiliki kwalitas ang baik pula.
Untuk mereka yang merasa tidak mampu untuk mengikuti bimbingan belajar bisa memanfaatkan layanan internet gratis di perpustakaan sekolah yang menyediakan internet gratis atau di perpustakaan daerah atau juga di lokasi-lokasi yang lain yang memiliki fasilitas internet gratis di daerah tempat anda tinggal (Seharusnya disetiap sekolah sudah menyediakan ini). Dengan Internet tersebut, adik-adik bisa mencari materi-materi tambahan yang berkaitan dengan UN untuk selanjutnya adik-adik pelajari semuanya. Bahkan sebenarnya saat ini juga sudah banyak Bimbingan belajar yang dilakukan secara Online secara gratis dan itu semuanya bisa adik-adik manfaatkan.
3. Membentuk Kelompok Belajar
Buat adik-adik disarankan juga untuk membuat kelompok belajar yang diharapkan adik-adik bisa sedikit melakukan diskusi kecil yang membicarakan terkait dengan materi-materi yang sudah diajarkan oleh guru tentunya dengan kemampuan adik-adik sendiri dan juga teman-teman tersebut, Dan nanti ketika adik-adik mengalami kesulitan bisa ditanyakan kepada Bpk/Ibu Guru di sekolah dan juga Guru Bimbingan belajar adik-adik.
3. Latihan Soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya
Setelah adik-adik rajin membaca, mengikuti bimbingan belajar, kemudian membuat kelompok belajar bersama teman-teman, yang harus dan disarankan kepada adik-adik adalah menguji kemampuan adik yang sudah di “ASAH” tadi yaitu dengan cara berlatih soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya. Sehingga diharapkan nanti adik-adik bisa menguji sejauh mana keberhasilan adik-adik selama belajar. Soal-soal UN yang terbaru biasanya juga mengambil pada soal-soal UN sebelumnya. kalaupun berbeda,, biasanya memiliki konsep yang sama dengan sedikit perbaikan dan penyesuaian. Dalam proses ini adik-adik nantinya jika adik-adik mengalami kesulitan, adik-adik  juga  bisa menanyakan lebih jauh kepada guru di sekolah atau di tempat adik-adik mengikuti bimbingan belajar. Dari latihan soal-soal tersebut nanti adik-adik bisa melihat hasil dari usaha adik selama belajar. Ketika hasilnya buruk maka adik-adik harus mencari cara bagaimana supaya bisa belajar lebih baik dan lebih efektif lagi, begitu dan seterusnya.
Mungkin masih banyak lagi tips untuk menghadapi UN, tapi dari saya cukup itu saja dan untuk selanjutnya adik-adik yang akan mengikuti UN bisa mencari inspirasi baru dengan membaca Tips UN yang lain sehingga pada saatnya UN tiba nanti adik-adik sudah siap dan bisa menghasilkan nilai yang memuaskan dan membanggakan sehingga bisa lulus dengan baik.
Selamat Belajar …. !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar