Kamis, 06 Mei 2010

Informasi Terkini tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Guru Tahun 2010

18
0
Penilain Anda!
Quantcast

1. Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru 2010
Memasuki Tahun 2010 ini pemerintah kembali menggelar Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Agar seluruh instansi yaitu dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota, LPMP dan unsur terkait dengan pelaksanaan sertifikasi guru mempunyai pemahaman yang sama tentang kriteria dan proses penetapan peserta sertifikasi guru, pemerintah telah menyusun Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan, yang tertuang dalam Buku 1.
Pedoman ini memberikan informasi kepada semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan sertifikasi guru tentang  hal-hal sebagai berikut:
  1. jumlah sasaran nasional;
  2. perhitungan kuota peserta;
  3. persyaratan peserta;
  4. proses penetapan peserta sertifikasi guru;
  5. mekanisme pendaftaran peserta;
  6. prosedur operasional standar; dan
  7. jadwal pelaksanaan.
===============
Untuk mendownload Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru 2010, klik DI SINI
===============
SERTIFIKASI GURU DAN PENGAWAS SEKOLAH
2. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi
Melengkapi Buku 1 tentang Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan di atas, selanjutnya pemerintah menyusun Buku 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru dalam Jabatan 2010, tentu saja didalamnya memuat  hal-hal yang lebih rinci tentang teknis pelaksanaan  sertifikasi guru tahun 2010 sebagai penjabaran dari apa yang telah disajikan  dalam buku 1.
==============
Untuk mendownload Buku 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi, klik DI SINI
==============
3. Pedoman Penyusunan Portofolio
Sertifikasi bagi guru dalam jabatan dilakukan melalui dua cara, yaitu uji kompetenasi dalam bentuk penilaian portofolio dan pemberian sertifikat pendidik secara langsung bagi guru yang memenuhi syarat. Untuk kepentingan hal ini, pemerintah telah menyiapkan pedoman penyusunan portofolio, yang terangkum dalam Buku 3. Pedoman ini memuat pengertian portofolio, komponen portofolio, instrumen portofolio, cara penyusunan dokumen portofolio, rubrik penilaian (pedoman penskoran) portofolio, dan prosedur pemberian
Dalam buku 3 ini disebutkan pula bahwa khusus untuk guru bimbingan dan konseling atau konselor, komponen yang dinilai meliputi bidang pelayanan bimbingan pendidikan/belajar, karier, pribadi, sosial, akhlak mulia/budi pekerti. Jenis bukti fisik yang dilaporkan berupa: agenda kerja guru bimbingan dan konseling, daftar konseli (siswa), data kebutuhan dan permasalahan konseli, laporan bulanan, laporan semesteran/tahunan, aktivitas pelayanan bimbingan dan konseling (pemahaman, pelayanan langsung, pelayanan tidak langsung) dan laporan hasil evaluasi program bimbingan dan konseling. Bukti fisik pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling berupa fotokopi rekaman/laporan kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling yang dibuat oleh guru yang bersangkutan.
Seperti pada penyelenggaraan Sertifikasi Guru tahun 2009 yang lalu, pada tahun 2010 ini pun pemerintah kembali memberikan kesempatan kepada para pengawas sekolah untuk mengikuti  program sertifikasi.  Untuk itulah, pemerintah telah menyiapkan suplemen  khusus pedoman penyusunan portofolio bagi pengawas sekolah.
==========
Untuk mendownload Buku 3 Pedoman Penyusunan Portofolio klik DI SINI dan Suplemen Pedoman Penyusunan Portofolio Pengawas Sekolah Klik DI SINI
==========
4. Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG)
Sebagaimana terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, dalam penyelenggaraan sertifikasi guru ternyata tidak semua peserta sertifikasi dapat dinyatakan langsung lulus, tetapi ada pula (atau mungkin masih banyak)  yang dinyatakan harus mengikuti diklat. Oleh karena itu, pemerintah pun telah menyiapkan rambu-rambu yang mengatur tentang Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, yang tertuang dalam Buku 4.
==================
Untuk mendownload Buku Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) klik DI SINI
==================
Jika melalui  link-link di atas Anda masih belum berhasil mendownload file-file dimaksud , silahkan lihat DI SINI
===================
Bagi rekan-rekan Guru BK, aspek-aspek yang dinilai bebeda dengan guru Mata Pelajaran, gunakan format di bawah ini (silahkan modifikasi  sedikit validasi tanda tangan penilaian dari atasan, karena format ini versi lama namun aspek-aspek penilaiannya masih tetap)
===================
===================
Refleksi:
Dilihat dari proses mau pun hasilnya, semoga saja penyelenggaraan sertifikasi tahun 2010 ini dapat berjalan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Bagi Anda yang beruntung  mendapatkan panggilan sertifikasi tahun 2010 ini, saya ucapkan selamat mengikuti sertifikasi  dan semoga sukses.
===================

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar