Minggu, 04 April 2010

United Tumbang, Chelsea Ke Puncak

United Tumbang, Chelsea Ke Puncak

Manchester United harus menyerahkan tahta klasemen kepada Chelsea.

Oleh Ivena Kasatyo

3 Apr 2010 20:32:00

Manchester United v Chelsea - Premier 
League,Gary Neville; Florent Malouda (Getty Images)
Galeri Foto
Perbesar
Manchester United v Chelsea - Premier League,Gary Neville; Florent Malouda (Getty Images)

Hal-Hal Terkait

Tim

Manchester United tumbang di kandang sendiri di Old Trafford. Chelsea sukses menundukkan United 2-1 dalam big match Liga Primer Inggris, Sabtu (3/4) malam. Kekalahan itu mengakibatkan United kehilangan posisinya di puncak klasemen.

Sebaliknya, Chelsea meraih kemenangan gemilang. Tambahan tiga poin dipastikan mengantarkan Chelsea ke puncak menggeser United. Bahkan The Blues diyakini bakal memenangi pertarungan perebutan gelar juara Liga Primer.

Sebaliknya, United ternyata sama sekali berkutik saat kehilangan Wayne Rooney yang cedera. Tanpa Rooney, United seolah kehilangan kepercayaan diri.

Padahal, The Red Devils akan menjamu Bayern Muenchen pada perempat-final kedua Liga Champions, Rabu (7/4). Pada pertandingan pertama, United kalah 2-1.

Dalam pertandingan itu, gol pertama Chelsea dicetak Joe Cole pada menit ke-21. Sedangkan striker Didier Drogba memperbesar keunggulan The Blues pada menit ke-79. Hanya, gol itu dinilai kontroversial karena Drogba dalam posisi offside. United memperkecil kekalahannya melalui Federico Macheda menit ke-81.

Menghadapi United, manajer Carlo Ancelotti mengambil keputusan mengejutkan dengan tetap membangkucadangkan Drogba. Ancelotti mempertahankan skuad inti yang membantai Aston Villa 7-1 di Stamford Bridge, pekan lalu.

Tanpa Drogba, serangan Chelsea tidak kalah menggigit. Pertandingan baru berjalan 25 detik, Florent Malouda dan Deco sudah mengancam gawang Edwin van der Sar.

Malouda yang berlari menuju daerah pertahanan United masih sempat melepaskan umpan kepada Deco sebelum dihadang Gary Neville. Namun, tendangan Deco masih melebar.

Chelsea yang tampil percaya diri langsung melakukan tekanan. Bahkan mereka sudah mendapat sepak pojok yang dilakukan oleh Frank Lampard. Sepak pojok disambut oleh Alex. Hanya, sundulannya masih melambung ke kiri gawang.

United mulai melakukan tekanan. Pada menit ke-sembilan, Antonio Valencia berhasil melewati Yuriy Zhirkov sebelum melepaskan umpan kepada Dimitar Berbatov. Sayangnya, sundulan striker asal Bulgaria ini sangat lemah dan tidak terarah.

Selanjutnya, pertahanan United dalam bahaya saat bek Nemanja Vidic melakukan kesalahan yang dimanfaatkan oleh Nicolas Anelka. Penyerang asal Prancis ini kemudian menyodorkan bola kepada Joe Cole. Namun, tendangannya masih bisa diselamatkan Van der Sar.

Setelah gagal, upaya Joe Cole berikutnya akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-21. Berawal dari aksi Malouda yang mencapai performa terbaik di pertandingan tersebut.

Ia menaklukkan Darren Fletcher dan Rio Ferdinand sebelum memberikan umpan balik kepada Joe Cole. Mendapat bola, Joe Cole kemudian membelokkannya dengan tumit belakang ke sudut gawang. 1-0 untuk Chelsea.

Chelsea pantas unggul karena lebih mendominasi. Hanya, United seharusnya mendapat penalti menyusul dijatuhkannya Park Ji-Sung oleh Zhirkov di kotak penalti. Namun, wasit Mike Dean melambaikan tangan tanda pertandingan tetap berlanjut. Padahal, terjadi kontak fisik antara Park dan Zhirkov.

Sebaliknya, Chelsea juga berhak mendapat penalti saat Anelka dijatuhkan Neville di kotak terlarang. Lagi-lagi Dean membiarkan insiden itu.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Berbatov mendapat peluang saat menerima umpan dari Valencia. Namun, ia gagal memanfaatkannya.

Penampilan Chelsea tak berubah di babak kedua. Mereka langsung menekan sejak menit pertama. Hasilnya, Paulo Ferreira sempat memporakporandakan pertahanan United setelah mendapat umpan cantik dari Joe Cole. Sayang, tendangannya masih melebar.

United sesungguhnya mencoba melakukan tekanan. Diawali oleh tendangan voli Patrice Evra meski sama sekali tak mengancam gawang Chelsea.

Selanjutnya, umpan dari Ryan Giggs juga tak mampu diselesaikan oleh Berbatov. Demikian pula umpan dari Fletcher gagal dimanfaatkan oleh Park.

Meski beberapa kali melakukan serangan, namun upaya pemain United masih menemui kegagalan. Untuk itu, manajer Sir Alex Ferguson memasukkan Nani yang menggantikan Paul Scholes yang mulai frustrasi.

Tak lama kemudian, United mendapat peluang melalui tendangan bebas Giggs yang disambut oleh Valencia. Sundulan Valencia sempat mengenai bahu sehingga pemain United meminta penalti. Namun, wasit membiarkan insiden itu.

Ancelotti melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Drogba dan menarik Anelka pada menit ke-69. Masuknya Drogba ternyata membuahkan hasil. Ia berhasil menyelesaikan umpan dari Salomon Kalou dan mencetak gol yang memastikan keunggulan Chelsea menjadi 2-0. Namun, gol itu tersebut dinilai kontroversial.

United akhirnya bisa memperkecil kekalahannya saat Macheda memanfaatkan bola muntah dari kiper Petr Cech yang hendak mengamankan bola dari Nani.

Tuan rumah mendapat peluang terakhir melalui Berbatov. Namun sundulannya masih bisa diamankan oleh Cech.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar